W I K I P U T R I A *

The Free Encyclopedia of School Notes

bahan ul.TIK kls. XI January 25, 2010

Filed under: Pelajaran — Pu3 Viliardo @ 20:32
Tags: ,

Pengantar Database

  • Data:

Nilai/value yang turut merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event)

  • Informasi :

Merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

  • Sistem Informasi :

Suatu sistem dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.

Komponen Sistem informasi :

  • Hardware : CPU, Disk, terminal, printer. Software : Sistem operasi, sistem database, prog. pengontrol komunikasi, prog. aplikasi
  • Personil : yg mengoperasikan sistem, menyediakan masukan, mengkonsumsi keluaran dan melakukan aktivitas manual yang mendukung sistem.
  • Data : data yang tersimpan dalam jangka waktu tertentu
  • Prosedur : instruksi dan kebijakan untuk mengoperasikan system

Database :

  • Kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

Mengapa Diperlukan Database

  • Salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi
  • Menentukan kualitas informasi : akurat, tepat pada waktunya dan relevan. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.
  • Mengurangi duplikasi data (data redudancy)
  • Hubungan data dapat ditingkatkan (data relatability)
  • Mengurangi pemborosan tempat simpanan luar

Jenjang Data

  • Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data / field.
  • Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.

–         field name: harus diberi nama untuk membedakan field yang satu dengan lainnya

–         field representation: tipe field (karakter, teks, tanggal, angka, dsb), lebar field (ruang maksimum yang dapat diisi dengan karakter-karakter data).

field value: isi dari field untuk masing-masing record

  • Record : Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.
  • File: File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.
  • Database : Kumpulan dari file / tabel membentuk suatu database

Tipe File

  1. File Induk (master File)

a)     file induk acuan (reference master file) : file induk yang recordnya relatif statis, jarang berubah nilainya. Misalnya file daftar gaji, file mata pelajaran.

b)     file induk dinamik (dynamic master file): file induk yang nilai dari record-recordnya sering berubah atau sering dimutakhirkan (update) sebagai hasil dari suatu transaksi. Misalnya file induk data barang, yang setiap saat harus di up-date bila terjadi transaksi.

  1. File Transaksi (transaction file)

File ini bisa disebut file input; digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. Misalnya file penjualan yang berisi data hasil transaksi penjualan.

  1. File Laporan (Report file)

File ini bisa disebut output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan.

  1. File Sejarah (history file)

File ini bisa disebut file arsip (archival file), merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip.

  1. File Pelindung (backup file)

File ini merupakan salinan dari file-file yang masih aktif di dalam database pada suatu saat tertentu. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan bila file database yang aktif mengalami kerusakan atau hilang.

Sruktur dasar dalam database MySQL

MYSQL

Tue 2008 at 14:04 pm by Yustian M

Aku mulai aja ya pembelajaran mengenai database yang fokusnya MySQL. Mungkin kebanyakan dari kita sudah sangat mengenal dengan yang namanya database apa lagi Ms Access. Nah bagaimana kalau MySQL?. Melalui artikel ini aku akan membahas secara to do point dan penjelasan mengenai database MySQL dapat dilihat di Wikipedia MySQL aja . Ayo belajar MySQL.

Sebelum kita masuk pada perintah – perintah dasar MySQL sebaiknya kamu mengerti terlebih dahulu mengenai struktur database MySQL :

STRUKTUR TABLE DAN DATA

  1. Mengenal nama Table sebagai contoh dibawah database Perpustakaan memiliki table “Anggota” berisi 2 filed yaitu ID_Anggota dan Nama.
  2. Mengenal Column dan Row sebagai contoh dibawah Table Anggota memiliki 2 Column yaitu “anggota.ID_Anggota” dan “anggota.Nama” juga 4 Row.
  3. Mengenal Relationship sebagai contoh dibawah Table pinjam berelasi dengan Table anggota pada column “pinjam.ID_Anggota” dan “anggota.ID_Anggota”
  4. Mengenal Primary keys dan Foreign key sebagai contoh di bawah Table pinjam memiliki 1 Primarykey dan 1 Foreignkey dan Table anggota mempunyai 1 Primarykey.
  5. Mengenal Query sebagai contoh dibawah melakukan query antara Table pinjam dan anggota

Perintah Dasar SQL pada MySQL

// // Apa itu SQL?

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL atau juga sering disebut sebagai query merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL dikenalkan pertama kali dalam IBM pada tahun 1970 dan sebuah standar ISO dan ANSII ditetapkan untuk SQL. Standar ini tidak tergantung pada mesin yang digunakan (IBM, Microsoft atau Oracle). Hampir semua software database mengenal atau mengerti SQL. Jadi, perintah SQL pada semua software database hampir sama.

Terdapat 3 (dua) jenis perintah SQL, yaitu DDL, DML dan DCL.

1. DDL atau Data Definition Language

DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain :

  • CREATE
  • ALTER
  • RENAME
  • DROP

2. DML atau Data Manipulation Language

DML merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain :

  • SELECT
  • INSERT
  • UPDATE
  • DELETE

3. DCL atau Data Control Language

DCL (bukan BCL) merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pengaturan hak akses user MySQL, baik terhadap server, database, tabel maupun field. Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain :

  • GRANT
  • REVOKE

Membuat, Menampilkan, Membuka dan Menghapus Database

1. Membuat Database

Sintaks umum membuat database baru adalah:

CREATE DATABASE [IF NOT EXISTS] nama_database;

Bentuk perintah di atas akan membuat sebuah database baru dengan nama nama_database. Aturan penamaan sebuah database sama seperti aturan penamaan sebuah variabel, dimana secara umum nama database boleh terdiri dari huruf, angka dan under-score (_). Jika database yang akan dibuat sudah ada, maka akan muncul pesan error. Namun jika ingin otomatis menghapus database yang lama jika sudah ada, aktifkan option IF NOT EXISTS.Setiap kita membuat database baru, maka sebenarnya MySQL akan membuat suatu folder (direktori) sesuai dengan nama databasenya yang ditempatkan secara default di \mysql\data. Di dalam folder tersebut nantinya akan terdapat file-file yang berhubungan dengan tabel dalam database.

Berikut ini contoh perintah untuk membuat database baru dengan nama “mahasiswa” :

CREATE DATABASE mahasiswa;

Jika query di atas berhasil dieksekusi dan database berhasil dibuat, maka akan ditampilkan pesan sebagai berikut :

Query OK, 1 row affected (0.02 sec)

2. Melihat Database

Untuk melihat database yang baru saja dibuat atau yang sudah ada, dapat menggunakan perintah sebagai berikut :

SHOW DATABASES;

Hasil dari perintah di atas akan menampilkan semua database yang sudah ada di MySQL. Berikut ini contoh hasil dari query di atas :

+--------------+
| Database     |
+--------------+
| mahasiswa    |
| mysql        |
| test         |
+--------------+
3 rows in set (0.02 sec)

3. Membuka Database

Sebelum melakukan manipulasi tabel dan record yang berada di dalamnya, kita harus membuka atau mengaktifkan databasenya terlebih dahulu. Untuk membuka database “mahasiswa”, berikut ini querynya :

USE mahasiswa;

Jika perintah atau query di atas berhasil, maka akan ditampilkan pesan sebagai berikut :

Database changed

4. Menghapus Database

Untuk menghapus suatu database, sintaks umumnya adalah sbb :

DROP DATABASE [IF EXISTS] nama_database;

Bentuk perintah di atas akan menghapus database dengan nama nama_database. Jika databasenya ada maka database dan juga seluruh tabel di dalamnya akan dihapus. Jadi berhati-hatilah dengan perintah ini! Jika nama database yang akan dihapus tidak ditemukan, maka akan ditampilkan pesan error. Aktifkan option IF EXISTS untuk memastikan bahwa suatu database benar-benar ada.

Berikut ini contoh perintah untuk menghapus database dengan nama “mahasiswa” :

DROP DATABASE mahasiswa;

Not Null dalam perintah Mysql artinya : suatu field tidak boleh kosong.

Tipe / Jenis Data.

JENIS TIPE TIPE KETERANGAN
NUMERIK TINYINT -128 s/d 127 SIGNED
0 s/d 255 UNSIGNED
SMALLINT -32768 s/d 32767 SIGNED
0 s/d 65535 UNSIGNED.
MEDIUMINT -8388608 s/d 8388607 SIGNED
0 s/d 16777215 UNSIGNED
INT -2147483648 s/d 2147483647 SIGNED
0 s/d 4294967295 UNSIGNED.
BIGINT -9223372036854775808 s/d 9223372036854775807 SIGNED
0 s/d 18446744073709551615 UNSIGNED.
FLOAT Bilangan pecahan presisi tunggal
DOUBLE Bilangan pecahan presisi ganda
DECIMAL Bilangan dengan desimal
DATE/TIME DATE Tanggal dengan format YYYY-MM-DD
DATETIME Tanggal dan waktu dengan format :YYYY-MM-DD HH:MM:SS
TIMESTAMP Tanggal dan waktu dengan format :YYYYMMDDHHMMSS
TIME Waktu dengan format HH:MM:SS
YEAR Tahun dengan format YYYY
STRING CHAR 0 – 255 karakter
VARCHAR 0 – 255 karakter
TINYTEXT String dengan panjang maksimum 255 karakter
TEXT String dengan panjang maksimum 65535 karakter
BLOB String dengan panjang maksimum 65535 karakter
MEDIUMTEXT String dengan panjang maksimum 16777215 karakter
MEDIUMBLOB String dengan panjang maksimum 16777215 karakter
LONGTEXT String dengan panjang maksimum 4294967295 karakter
LONGBLOB String dengan panjang maksimum 4294967295 karakter
KHUSUS ENUM Tipe data dengan isi tertentu
SET Tipe data dengan isi tertentu

Untuk menjalankan  SQL Database, dapat dilakukan melalui dua metode / basis , yaitu :

  1. CLI ( Command Line Interface )
  2. GUI (Graphical User Interface )

Untuk masuk menggunakan metode / basis CLI adalah melalui : “ Terminal “.

Untuk masuk menggunakan metode / basis GUI adalah melalui : “ PHPadmin”.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s