W I K I P U T R I A *

The Free Encyclopedia of School Notes

Bahan UTS BI kls XI March 14, 2010

Filed under: Pelajaran — Pu3 Viliardo @ 18:59
Tags: , ,

Latihan Soal-soal Drama

Cermatilah kutipan drama berikut untuk nomor 1 s.d. 4!

Ujian telah selesai dan para siswa telah diwisuda. Hari ini pembagian ijazah bagi mereka.

Maryam berjalan di sepanjang koridor kelas. Koridor itu sepi. Pikirannya tak menentu. Ijazah dan sertifikat penghargaan di tangan kanannya. Ia menggumam pelan.

(1)           Maryam     :   Ini mimpi yang sudah berakhir sebelum aku bangun. Ijazah ini cuma tanda. Simbol. (dipandanginya ijazah itu). Ini… ini… (dipandanginya sertifikat penghargaan) hanya pelengkap supaya tampak sempurna.

Arah berlawanan Tati datang menghampirinya.

(2)           Tati              :   Wah, selamat ya Maryam (menjulurkan tangan kepada Maryam).

(3)           Maryam     :   Ada apa ini Tat, kamu mengucapkan selamat sama aku?

(4)           Tati              :   Kamu tahun ini menjadi bintang kelas lagi. Hebat kamu! Belum ada yang dapat menyaingi kamu, Mar (Tati tersenyum bangga). Aku sangat kagum sama kamu, pintar, tidak sombong  (menepuk bahu Maryam).

(5)           Maryam     :   Ya, terima kasih Maryam.

Maryam termenung sebentar. Maryam bergerak selangkah membelakangi Tati. Tati memperhatikan sahabatnya.

(6)           Tati              :   Ada apa lagi, Mar? Kau tidak bangga dengan prestasi ini?

(7)           Maryam     :   Bukan begitu, Tat. Tapi…

Dua orang teman mereka datang dengan formulir perguruan tinggi di tangan. Mereka berpapasan.

(8)           Anto           :   Mar, selamat ya (mengulurkan tangan)

(9)           Maryam     : Terima kasih, To.

(10)        Siti               :   Selamat juga, Mar (mengulurkan tangan kepada Maryam).

(11)        Anto           :   Mm… kamu melanjutkan ke mana, Mar?

(12)        Siti               :   Aku sama Anto hari ini mau mengembalikan formulir ke Atmajaya.

(13)        Maryam     :   Kalian kan tahu keadaan orang tuaku (menampilkan raut wajah kesedihan). Aku tidak mungkin melanjutkan ke perguruan tinggi.

(14)        Anto           :   Tenang saja, Mar. Dengan prestasimu itu, kamu bisa mendapatkan beasiswa.

(15)        Maryam     :   Aku ingin sekali … tapi keluargaku lebih membutuhkan aku. Aku tidak mungkin menambah beban mereka dengan menguliahiku.

(16)        Tati              :   Mulia sekali, Mar.

(17)        Siti               :   Keputusanmu pasti terbaik untuk keluargamu.

(18)        Anto           :   Kami akan terus mendukungmu.

  1. Petunjuk laku dalam penggalan naskah drama di atas sebanyak …
  2. 5
  3. 6
  4. 7
  5. 8
  6. 9

2. Pernyataan yang tepat mengenai babak dan adegan berdasarkan penggalan naskah drama di atas adalah…

  1. Satu babak dan tiga adegan
  2. Satu babak dan empat adegan
  3. Satu babak dan lima adegan
  4. Dua babak dan tiga adegan
  5. Dua babak dan empat adegan

3. Pernyataan yang tepat mengenai unsur naskah drama berdasarkan penggalan naskah drama di atas adalah…

  1. Dialog ditandai dengan angka Arab dan dicetak miring.
  2. Ada babak, prolog, dan aside
  3. Penulisan catatan pinggir tidak konsisten; ada yang dicetak miring dan dicetak tebal.
  4. Ada epilog pada awal naskah.
  5. Ada monolog di bagian awal.

4. Watak tokoh Maryam dalam penggalan naskah drama di atas adalah…

  1. Mudah putus asa
  2. Pantang menyerah
  3. Rela berkorban
  4. Suka menyendiri
  5. Mengutamakan kepentingan umum

5.     Di sebuah kota metropolitan, tepatnya di kawasan  perumahan elite, tinggallah sebuah keluarga kaya yang sombong dan kikir. Gaya hidup mereka yang hedonis dan materialistis membuat mereka suka memandang rendah orang lain.

Mami  :  Pa, kayanya tanganku sudah gatal nih pingin belanja berlian lagi! (sambil mengangkat tangan dan menggoyangkan kesepuluh jarinya)

Papi    :  Tenang Mi, mau kapan kita belanja?

Mami : Gimana kalo besok? Ke Eropa uda bosen. Mau nyobain kualitas Arab Saudi punya!

Anak masuk sambil membawa tas, baru pulang les.

Anak    : Hai Pi, Mi. Sedang membicarakan apa sih? Pingin tahu tahu dong… (melemparkan tas ke atas meja dan duduk seenaknya)

Mami :  Iya papi mami mau pergi ke Arab Saudi nih. (Papi melirik mami dan membaca koran)   Mau belanja berlian. Kamu mau titip apa?

Anak  : (Ih…. Si Mama mulai lagi deh. Oke, aku minta juga ah biar sekalian habis uangnya…)

Asyik.., aku mao cincin berlian berbentuk hati ya. (mengangkat tangan ke depan wajahnya dan melihat jari-jari) yang ini sudah dipakai 2 bulan, bosan.

Papi    : (berdiri dan melihat jam) Oh, iya … papa telepon teman papa dulu ya …. (ke luar ruangan)

Hal yang tidak tepat mengenai unsur naskah drama dalam penggalan drama tersebut…

  1. Tidak ada aside
  2. ada petunjuk laku
  3. ada  dua  adegan
  4. terdiri dari satu babak
  5. ada senandika

6.     Bagian yang dicetak miring merupakan…

  1. epilog
  2. dialog
  3. prolog
  4. monolog
  5. babak

7.     Asdiarti       :   Kenapa?

Yanti           :   Sangat ruwet!

Asdiarti       :   Kau dipaksa kawin oleh orang tuamu?

Yanti           :   Antara lain itu. Tapi banyak lagi soalnya.

Asdiarti       :   Apa?

Yanti           :   Ah, sudahlah. Sebaiknya kau tak usah memaksaku mengatakannya. Sulit terlalu  sulit.

Asdiarti       :   Yah, aku tahu kau kerasan di rumah.

Yanti           :   (memandang)

Asdiarti       :   Itu persoalan yang banyak kita rasakan bersama.

Yanti           :   Kau juga mengalami seperti itu?

Asdiarti       :   Memang, cuma persoalanku tidak   seberat  persoalanmu.

Hal yang tepat mengenai penggalan drama tersebut…

  1. Konflik: manusia x dirinya sendiri
  2. latar waktu: siang hari
  3. Watak Yanti: pemberani
  4. Latar psikologis:  tenang
  5. Pemain : 3 orang

8. Hal yang tidak tepat mengenai drama…

    1. dialog merupakan bagian terpenting dalam drama.
    2. Teks samping (catatan pinggir) dapat mengarahkan daya khayal pembaca.
    3. Pementasan drama bersifat multidimensional.
    4. Pementasan selalu memiliki penafsiran penonton yang sama di mana dan kapan saja.
    5. Pementasan memberikan penafsiran kedua

===================================================================================

mav .. cuma ini yg bs gw post .

 

2 Responses to “Bahan UTS BI kls XI”

  1. Pu3 Viliardo Says:

    oia lupa . jwbnny yg gw blok y ..

  2. Aran Says:

    THANk YOU!!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s